DEFINISI ESAI DAN CONTOHNYA

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.
esai sastra adalah salah satu bentuk karya tulis yang marak diciptakan oleh berbagai kalanagan sastra.dibawah ini pengertian esai menurut beberapa ahli.

  • Menurut H.B Jassin ( Sang Paus Sastra ) Esai adalah uraian yang membicarakan bermacam ragam,tidak tersusun secara teratur tetapi seperti dipetik dari bermacam jalan pikiran.Dalam esai terlihat keinginan,sikap terhadap soal yang dibicarakan,kadang-kadang terhadap soal yang dibicarakan.Pengeretian esai sebagai karangan yang sedang panjangnya,yang membahas persoalan secara mudah dan sepintas lalu dalam bentuk prosa.
  • Menurut Soetomo Esai adalah sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang kebetulan menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas.Pengarang mengemukakan pendiriannya,pikirannya,cta-citanya dan sikapnya terhadap suatu persoalan yang disajikan.
  • Menurut F.X Surana,Esai adalah sebagai kupasan suatu ciptaan,tentang suatu soal,masalah pendapat,ideology,dengan panjang lebar.Kupasan ini berdasarkan pandangan penulisnya dan diutarakan secara tidak teratur.
  • Menurut Aan Sugianto Mas dalam modul idikan untuk materi perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan 1998 bahwa Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dengan pendirian,pikiran,cita-cita,siap penulisnya yang di utarakan secara tidak teratur.
  • Menurut KBBI Esai adalah karya tulis atau karangan dalam bentuk prosa yang memaparkan tentang sesuatu masalah dari sudut pandang pribadipenulis secara lugas ndan sepintas.
  • Menurut Ensiklopedi Indonesia,Esai adalah jenis tulisan prosa yang menguraikan masalah dalam bidang kesusastraan,kesenian kebudayaan,ilmu pengetahuan dan filsafat.Berdasarkan pengamatan,pengupasan,penafsiran fakta yang nyata atau tanggapan yang berlaku dengan mengemukakan gagasan dn wawasan pengarangnya sendiri.

(. by Exterminator Hexapoda )

Jenis-jenis Esai

1. Esai Deskriptif,menggambarkan orang,tempat atau sesuatu sejelas dan sedetil mungkins sehingga pembaca dengan mudah membentuk gambar mental tentang apa yang ditulis.Esai ini bertujuan menciptakan kesan tentang seseorang.bentuk esai ini mencakup rincian nyata untuk membawa pembaca pada visualisasi dari sebuah subyek.
2. Esai ekspositori,esai ini menjelaskan subyek ke pembaca.biasanya dilengkapi dengan penjelasan tentang proses,membandingkan dua hal,identifikasi hubungan sebab-akibat,menjelaskan dengan contoh membagi dan mengklisifikasikan atau mendefinisikan.
3. Esai naratif,menggambarkan suatu ide dengan cara bertutur.Esai ini dapat menyatakan suatu emosi atau tampak emosional.rincian pendukung biasanya disajikan berdasarkan urutan kepentingannya
4 Esai Domentatif,memberikan informasi berdasarkan suatu penelitian di bawah suatu institusi atau otoritas tertentu.

( Romel tea,13 november 2009 )

Contoh Esai (tentang diri sendiri)

Nama saya Alfani oktarina yang biasa di panggil “fani”. Saya lahir pada 20 oktober 1993 saya di lahirkan di sebuah bidan bertempat di kampung melayu Jakarta Selatan. Saya dilahirkan dari keluarga yang cukup bahagia karna saya mempunyai kedua orang tua yang masih utuh dan 3 kakak. dua kakak laki-laki dan satu kakak perempuan , kami keluarga yang cukup kompak dan akur .

ketika saya baru lahir, keluarga saya pun langsung pindah ke Bekasi tepatnya di Perumahan kemang ifi graha Jatiasih-Bekasi,saya besar di Bekasi hingga sekarang.dimulai dari pendidikan saya dari pertama TPA,TK,SD,SMP dan SMA bertempat semua dibekasi.

saya termasuk tipe orang yang suka berubah-ubah , saya tidak mempunyai hobi ya karna hobi saya pun sering berubah-ubah , yaa seperti ini lah saya,jika ada yang bertanya apa yang saya sukai,artis siapa yang saya idolakan,makanan apa yang saya paling suka ,jawaban dari itu semua sering berubah-ubah . saya tipe orang yang bosenan juga.saya tidak suka mengikuti kegiatan-kegiatan selama saya masih sekolah.

saya juga termasuk orang yang cerewet.saya suka meramaikan suasana.. saya suka menghibur teman,melakukan hal hal konyol mempunyai imajinasi tersendiri maka dari itu saya sering dibilang wanita yang aneh oleh teman-teman saya. tapi itulah yang membuat mereka mengingat saya.keluarga saya pun sering merasakan kesepian dan kangen dikala saya lagi menginap diluar dan tidak dirumah,mereka kangen suara saya yang kadang-kadang membuat mereka pusing juga.umur sudah hampir 20 tahun tapi sikap dewasa memang tidak ada di diri saya.

satu hal yang membuat saya sering merasakan bahagia dan lupa akan kekurangan saya . satu hal itu adalah “keluarga” menurut saya hidup saya sudah sempurna memiliki keluarga yang saya punya sepeti sekarang ,kebersamaan dalam keutuhan keluarga adalah bahagia saya.

sekarang saya sudah kuliah , tepatnya saya sekarang tingkat 3 semster 5 di Universitas Gunadarma , fakultas ilmu komputer jurusan sistem informasi , jurusan ini saya pilih sendiri dengan dukungan ibu dan ayah saya,walaupun kakak saya yang perempuan tidak mendukung saya memasuki jurusan itu ,dia tidak mendukung karna dia ingin saya masuk jurusan akuntansi , karna dia tahu berapa beratnya dijurusan sistem informasi , tapi karna saya punya basic komputer dan menyukainya dari smp saya tetap pada pilihan saya untuk memasuki jurusan sistem informasi.dan alhamdullilah saya bisa menjalani nya selama 2 tahun ini.

saya mempunyai banyak teman , karna saya suka berteman , saya tidak suka membuat suatu perkumpalan yang hanya itu itu saja , saya lebih suka membaur dengan semuanya , beriteraksi dan mengenal masing-masing pribadi adalah pelajaran baru untuk saya karna dari masing-masing pribadi saya bisa belajar memahami orang-orang tersebut,dan mungkin karna sifat saya yang tidak suka membeda-bedakan yang membuat saya mempunyai banyak teman hingga saat ini.

sekian tentang diri saya,walaupun begitu singkat tanpa ada yang dibuat-buat karna itu semua adalah kenyataan tentang diri saya sendiri, Terimakasih.

Tinggalkan komentar